Sekapur Sirih

PRAKATA

Salah satu prasarana primer untuk mendukung terwujudnya pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup yang baik adalah ketersediaan data dan informasi lingkungan hidup yang dikemas dalam suatu sistem informasi yang memadahi, handal, dan ter-update data/informasinya. Disamping itu para users dapat mengakses data dan informasi lingkungan yang dibutuhkan secara mudah, murah dan cepat, bahkan mereka juga dapat sharing data dan informasi lingkungan yang mereka miliki.

Inilah tantangan dalam penyediaan sistem informasi lingkungan di era keterbukaan informasi publik saat ini, dan sekaligus merupakan amanat Undang-Undang Nomor : 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik yang sudah diberlakukan sejak tanggal 30 April Tahun 2010. Bahkan UUD tersebut telah ditindaklanjuti dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, Nomor 61 Tahun 2010, yang mengatur tentang pelaksanaannya.

Untuk dapat mewujudkan suatu sistem informasi yang handal, memberi banyak kemudahan dan dapat dijadikan instrumen dalam pengambilan keputusan, tentunya diperlukan prasyarat pendukung seperti ketersediaan perangkat keras, perangkat lunak, Sumber daya manusia, teknologi informasi, keteraturan kerja sistem serta mekanisme pensahihan data dan informasi. Semua prasyarat pendukung tersebut sebenarnya saat ini sudah tersedia dan memungkinkan untuk diperoleh, tinggal bagaimana good will dari para pengambil keputusan lembaga publik untuk dapat mewujudkan amanah undang-undang keterbukaan informasi tersebut.

Disamping itu tentunya diperlukan perubahan budaya dan mindset bagi berbagai pihak baik penyedia maupun pengguna data dan informasi, dari yang semula konvensional ke ere digital. Dari yang semula direct face to face menjadi invisible. Dari yang semula bersifat paper based menjadi bersifat paper less. Secara lingkungan ini mempunyai implikasi positif yaitu akan mengurangi laju degradrasi hutan yang semula banyak terjadi penebangan pohon untuk digunakan sebagai bahan baku kertas serta dapat mengurangi emisi karbon.

Untuk itulah kami menyediakan website ini dimaksudkan untuk dijadikan salah satu media dalam mempublikasikan data dan informasi lingkungan yang dimiliki oleh BLH DIY khususnya atau yang dimiliki oleh institusi lain. Dengan demikian akan memudahkan publik dalam memenuhi kebutuhan akan data dan informasi lingkungan hidup.

 

Salam,
Kepala BLH DIY

 

Ir. Joko Wuryantoro, M.Si