Pejuang Lingkungan Wakil DIY Raih Penghargaan Kalpataru

Dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup 2017 dan Landmark Hutan Indonesia di Gedung Manggala Wanabakti, 2 Agustus 2017, wakil dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Ir. Saptono Tanjung, mendapatkan penghargaan anugerah Kalpataru untuk kategori Pembina Lingkungan. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ibu Siti Nurbaya. Acara tersebut dihadiri pula oleh Presiden RI, Bapak Ir. Joko Widodo.

 

Penghargaan Kalpataru adalah penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup yang diberikan kepada perorangan atau kelompok masyarakat yang berjasa dalam perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup.

Ir. Saptono Tanjung adalah pembina lingkungan dari Desa Ngestiharjo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo, yang berkiprah menyelamatkan tata air dengan merehabilitasi lahan kritis di hutan lindung dan hutan produksi, menerapkan sistem wanatani, membuat embung-embung dan melibatkan partisipasi masyarakat di Kabupaten Kulon Progo.

Beberapa lokasi hasil sentuhan tangan Pak Tanjung diantaranya Wisata Kalibiru di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap dan Hutan Mangrove Wana Tirta di Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon.

Semoga prestasi Pak Tanjung dapat menginspirasi kita semua untuk ikut berperan dalam perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup.

 

Sumber: Konservasi Lingkungan BLH DIY