Monev Kegiatan Mertikali 2017

Pada tanggal 21 November 2017 Sub Bagian Program, Data dan TI BLH DIY melakukan Ekspose Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kegiatan Mertikali yang telah dilakukan oleh Sub Bidang Pengendalian Pencemaran Air, Tanah, dan B3. Maksud dari kegiatan monev adalah untuk mengetahui realisasi beserta kendala dalam pelaksanaan kegiatan Mertikali di lapangan. Selain itu, dari monev ini dapat digali aspirasi masyarakat/instansi/lembaga yang berhubungan dengan kegiatan Mertikali.

Mertikali sendiri merupakan salah satu bentuk kearifan lokal masyarakat untuk menjaga sungai agar tetap bersih, lestari, dan memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitarnya. Kegiatan ini berjalan sejak tahun 2015 dengan didanai oleh Dana Keistimewaan. Di tahun 2017 kegiatan ini dilaksanakan di 5 sungai: Sungai Winongo, Sungai Bedog, Sungai Gajah Wong, Sungai Code, dan Kali Kuning.

Dari kegitan monev ini didapat kesimpulan tentang pelaksanaan kegiatan Mertikali, yaitu:

  • Kegiatan Mertikali, gotong royong membersihkan sungai merupakan kegiatan yang sangat positif bagi lingkungan dan masyarakat.
  • Pengetahuan warga masyarakat tentang kebersihan di sekitar sungai cukup baik dan mempunyai kesadaran dan rasa memiliki yang cukup tinggi.
  • Perlu dorongan, motivasi, dan pendampingan dari pemerintah Kabupaten dan Kecamatan untuk terus melanjutkan gerakan Mertikali