Aksi Bersih Pantai Baros, Pengklik dan Samas di DIY

Pantai menjadi salah satu kawasan yang sering di penuhi oleh sampah, baik dari aktivitas wisata maupun bawaan dari sungai. Sebab itu pantai tak luput dari perhatian Badan Lingkungan Hidup DIY, salah satu upaya untuk meningkatkan kebersihan pantai adalah dengan Aksi Bersih Pantai.

Aksi Bersih Pantai ini di laukan oleh BLH DIY dan bekerja sama dengan BAPEDA yang sasarannya terdiri dari tiga pantai diantaranya Pantai Baros, Pantai Pengklik dan Pantai Samas yang terdapat di Desa Srigading dan Desa Tirtohargo yang berada di Kecamatan Kretek dan Sanden.

Aksi bersih pantai tahun ini pertama di lakukan pada pertengahan Juli lalu. Kegiatan tersebut  di lakukan di Pantai Baros pada tanggal 18 Juli 2018, 20 Agustus 2018, 12 dan 19 September 2018,  Pantai Pengklik pada tanggal 21 Juli 2018, 15 Agustus 2018, 8 dan 22 September 2018, dan Pantai Samas yang dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2018, 16 Agustus 2018, 9 dan 23 September 2018.

Pantai Baros merupakan kawasan ekowisata hutan mangrove dan wisata pantai selatan di Kabupaten Bantul, begitu juga Pantai Pengklik dan Pantai Samas merupakan pantai wisata di Desa Srigading, Saden, Bantul.

Strategi Badan Lingkungan Hidup melaksanakan pembersihan tersebut dengan melibatkan masyarakat pantai yang disana dan juga beberapa lembaga seperti LINMAS (Perlindungan Masyarakat), POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata), Kelompok Nelayan, Kelompk Tani, Desa Tanggap Bencana, BPD Bantul, Lingkungan Hidup Bantul, Pramuka (Saka Kalpataru) Menwa.

 

 

“Harapannya agar kita sama-sama dapat menjaga lingkungan pantai, yang sebetulnya tidak semua sampah berasal dari pantai, malah justru dari prilaku hulu ke hilirnya DAS dominannya malah justru dari kiriman dari sungai,” ungkap Reni  Anggraeni, Kasubid Pengendalian Pencemaran Air Tanah dan B3 BLH DIY.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan ini selanjutnya akan rutin dilakukan sebanyak tujuh kali hingga bulan Desember.

 

Penulis: Dessy Wulansari dan Ella Ulya Ayzuari.

Mahasiswa Magang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.